ImageZAKAT PERUSAHAAN
Image

ZAKAT PERUSAHAAN

Rp 2.600.269 dan masih terus dikumpulkan
2 Donatur ∞ hari lagi

Penggalang Dana

Image
Image
Verified Organization

BAGAIMANA CARA MENGHITUNG ZAKAT PERUSAHAAN? 

Sobat Zakat, pernahkah sahabat mendengar mengenai Zakat Perusahaan? 

Zakat Perusahaan adalah zakat yang dikeluarkan oleh perusahaan yang dikelola tidak secara individual, melainkan secara bersama-sama dalam sebuah kelembagaan dan organisasi dengan managemen modern, mis: dalam bentuk PT, CV, atau koperasi, dengn syarat kepemilikan dikuasai oleh muslim baik individu maupun patungan, Bidang Usahanya halal, Dapat diperhitungkan nilainya, Dapat berkembang, dan mencapai nishab.

Dalil yang melandasinya adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang bersifat umum yang mewajibkan semua jenis harta untuk dikeluarkan zakatnya, seperti dalam QS. At-Taubah: 103, QS. Al-Baqarah: 267, dan QS. Adz-Zaariyat: 19. 

Kemudian, “...Dan janganlah disatukan harta yang mula-mula terpisah. Sebaliknya jangan pula dipisahkan harta yang pada mulanya bersatu, karena takut mengeluarkan zakat” (HR. Bukhari). Dengan Ketentuan sebagai berikut: 

KETENTUAN ZAKAT 

  • Nishab: 85 gram emas
  • Haul: 1 tahun
  • Kadar: 2,5 %
  • Penghitungan zakat: aktiva lancar – kewajiban jangka pendek x 2,5 %

 

PENYALURAN ZAKAT

Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan apabila telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh agama, dan disalurkan kepada orang-orang yang telah ditentukan pula, yaitu delapan golongan yang berhak menerima zakat sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an  surat At-Taubah ayat 60:

Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, para amil zakat, orang-orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) para hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan (yang memerlukan pertolongan), sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana. Qs At Taubah; 60

Taman Zakat Indonesia menyalurakan zakat sesuai Asnaf yang terdapat dalam surat At-Taubah ayat: 60

 

 

Di Taman Zakat Indonesia penyaluran dana zakat di distribusikan kedalam program Desa Berdaya. Desa Berdaya adalah program pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa (dan sebagian kelurahan), melalui pendekatan terintegrasi yaitu program capacity building (pembinaan masyarakat), ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana yang mana para peneriman manfaatnya adalah masyarakat yang termasuk kedalam asnaf zakat.

Program Desa Berdaya ini diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan masyarakat lokal yang berdaya untuk mengatasi permasalahannya sendiri dengan menggabungkan kekuatan dan asset yang dimiliki.

Bagi Sobat Zakat yang ingin membayar Zakat Perusahaan. Silahkan salurkan Ketulusan Sedekah sahabat dengan cara : 

1.  Klik DONASI SEKARANG

2.  Lengkapi Data Donatur

3.  Pilih Metode Pembayaran (Virtual Account, Transfer Bank)

4.  Segera transfer sesuai nominal jika menggunakan Transfer bank &

     Virtual Account.

5.  Masukan Nominal Zakat Perusahaan Anda

  • November, 17 2022

    Campaign is published

Ludic Cafe1 tahun yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 1.350.158
Ludic Cafe2 tahun yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 1.250.111

Fundraiser

Belum ada Fundraiser

Mari jadi Fundraiser dan berikan manfaat bagi program ini.

Doa-doa orang baik

Menanti doa-doa orang baik

Bagikan melalui:
✕ Close